Senin, 30 Januari 2012

Berita Timur Tengah,Perang Iran vs IsraelSudah Sangat Dekat


Apa yang selama ini dikhawatirkan berbagai pihak sepertinya akan menjadi kenyataan, perang timur tengah antara Iran vs Israel sudah diawali dengan berbagai statement / pernyataan keras dan mengancam dari para petinggi 2 ( dua ) negara tersebut. Keadaan ini sebenarnya dipicu oleh ketakutan Amerika dan sekutu utama nya Israel serta negara-negara barat akanperkembangan teknologi nuklir yang dikembangkan oleh negara Islam Iran.

Iran sendiri dalam banyak kesempatan selalu mengatakan teknologi nukllir yang mereka jalankan adalah untuk tujuan damai seperti penelitian dan sumber daya energi yang bisa terbarukan, dan bukan untuk membuat suatu senjata nuklir / pemusnah masal. Pernyataan ini tidak ditanggapi oleh Amerika, Israel dan banyak negara barat lainnya, terlebih adanya laporan dari Badan Pengawas Nuklir PBB ( IAEA ) bahwa Iran memang tengah melakukan pengembangan nuklir untuk meningkatkan teknologi persenjataan mereka, bahkan sudah dimulai sejak tahun 2003 dengan bantuan ahli nuklir masa Uni Soviet.
Gambar Reaktor nuklir Iran
Berbagai sanksi internasional pun telah banyak pula dialami Iran, namun semangatmengembangkan teknologi nuklir yang mereka lakukan tidak juga surut atau terhenti, PresidenIslam Iran Mahmoud Ahmadinejad sendiri menegaskan bahwa negaranya tidak akan tunduk pada tekanan dan desakan berbagai pihak seperti negara barat dan para sekutunya untuk menghentikan program nuklir yang dikembangkannya.
Saling ancam dantara Iran dan Israel pun kemudian terjadi, mengingat Israel adalah negara yang paling merasa terancam dengan kemampuan Iran menciptakan senjata nuklir, selain karena jarak yang cukup dekat juga karena Israel merupakan musuh bersama umat Islam dunia yang sampai saat ini masih terus saja membuat onar di kawasan Timur Tengah terlebih pada negara Islam Palestina.
Reaktor nuklir Iran yang terletak di selatan kota Bushehr, Iran

Apa yang akan terjadi jika perang Iran vs Israel berlangsung?

Jika Iran saja telah mengancam akan memicu kenaikan harga minyal per barel hingga 250 dolar jikaAmerika, Inggris dan Israel menerapkan sanksi ekonomi pada Iran, apalah lagi jika terjadi perang? Tidak terbayangkan bagaimana negara-negara para pengekspor minyak akan kelabakan dan mengalami krisis ekonomi yang cukup dahsyat. Yang pasti gejolak Timur Tengah akan cukup berkurang jika Israel bisa dilemahkan kekuatannya, jika memang terjadi perang semoga negaraIslam Iran bisa memberikan pelajaran yang sangat keras pada
Belum lagi, jika Perang Iran – Israel terjadi, maka ini akan memicu negara-negara lain untuk turut serta kedalam medan tempur, seperti Palestina dengan Hamas nya, dan Libanon Selatan dengan kelompok Hizbullah nya. Dan tentu saja negara sekutu Israel juga akan turut campur tangan untuk membantu “anak asuh” nya agar bisa memenangi peperangan ini karena nilai suatu kemenangan akan sangat besar bagi mereka.
Kita lihat saja, benarkah perang yang sebenarnya sudah lama diprediksi akan terjadi antara Iran vs Israel ini menjadi fakta? yang pasti gejolak wilayah Timur Tengah akan semakin berkurang jika Israel dapat dilemahkan kekuatannya. Kita harap, jika perang Iran melawan Israel dan sekutu nya benar terjadi, Iran memberikan pelajaran keras dan kerugian yang sangat besar pada negara Yahudi Israel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar